TEMPAT LAHIRKU








Orang Manado dikenal karena keterbukaanya, hangat, menyenangkan dan penuh kasih yang menarik pengunjung secara alami ke dalam lingkaran keluarga besar mereka. Tepat dengan slogan kota ini "torang samua basudara", yang berarti: "kita semua bersaudara". Tidak seorang pun di sini akan merasa kesepian. Hal ini juga terungkap dalam filsafat hidup mereka "Si Tou Timou Tumou Tou" yang bermakna bahwa masyarakat Manado hidup untuk memanusiakan orang lain. Filsafat itu mengajak orang Manado memiliki prinsip "Saling menambah pintar dengan orang lain" sehingga orang mereka sangat terbuka.

Manado adalah kota terbesar di wilayah Sulawesi bagian utara, sekaligus ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Kota ini lebih dikenal sebagai gerbang ke taman bawah laut Bunaken yang indah.

Sebenarnya Manado memiliki banyak hal untuk ditawarkan dan Anda pasti ingin kembali setelah berkunjung ke kota ini. Manado memiliki tempat menyelam fantastis dan petualangan alam melalui atraksi warisan budaya yang menawan.

Terletak di sebuah tanjung, Manado dihiasi pegunungan dan sejumlah gunung api aktif yang menghadap ke laut luas. Lebarnya seperti jalan utama kota ini yaitu Jalan Piere Tendean yang berbatasan dengan tepi pantai yang dihiasi hotel-hotel berkelas dan restoran yang menyajikan masakan khas Manado. Dari sini Anda bisa melihat gunung berbentuk kerucut yang disebut Manado Tua dan Pulau Bunaken, Mantehage, Siladen serta Nain yang membentuk Taman Nasional Bunaken Manado Tua. Inilah destinasi terkenal di antara penyelam dunia yang dapat membuat mereka tergila-gila dengan kehidupan bawah lautnya yang fantastis.

Asal mula Kota Manado menurut legenda berasal dari kata "Wanua Wenang" yang dahulu digunakan oleh penduduk asli Minahasa. Wanua Wenang telah ada sekitar abad XIII dan didirikan oleh Ruru Ares yang bergelar Dotulolong Lasut yang saat itu menjabat sebagai Kepala Walak Ares dikenal sebagai tokoh pendiri Wanua Wenang yang menetap bersama keturunannya. Versi lain mengatakan bahwa Kota Manado merupakan pengembangan dari sebuah negeri bernama Pogidon sejak abad ke-16. Menurut sejarah, pada abad itu Kota Manado telah didatangi oleh orang-orang luar negeri. Nama "Manado" menggantikan nama "Wenang" tahun 1623, nama ini sendiri berasal dari daerah Minahasa yaitu Mana rou dan Mana dou yang dalam bahasa Indonesia berarti "di jauh". Pada tahun ini juga, tanah Minahasa-Manado mulai dikenal dan populer di antara orang Eropa karena hasil buminya.

Secara umum kondisi morfologis kota Manado terbentuk karena karakteristik alam kota itu sendiri yang unik dan berbeda dari kebanyakan kota di Indonesia pada umumnya. Kota ini memiliki bentang alam dengan unsur trimatra yaitu pantai, daratan dan perbukitan.


Selain itu, Manado dialiri banyak sungai yang umumnya mengalir dari wilayah perbukitan dan bermuara di Teluk Manado, antara lain Sungai Tondano, Sungai Tikala, Sungai Bailang, Sungai Sario dan Sungai Malalayang. Kondisi topografi dan morfologi seperti ini menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan kota memanjang mulai dari pesisir pantai utara sampai pesisir pantai selatan.

Saat ini mayoritas penduduk Kota Manado adalah suku minahasa namun suku aslinya bernama suku tombulu. Hal itu dilihat dari beberapa nama kelurahan Manado yang berhasal dari bahasa tombulu. Misalnya "wenang" untuk membuat kolintang, tumumpa (turun), mahakeret (berteriak), tikala ares (dihukum) dan masih banyak lagi.


Aktivitas

Kuliner, Akomodasi, Kegiatan

Manado adalah surga bagi pecinta kuliner, tempat makan favorit berada di sepanjang jalan utama Piere Tendean, atau di Tino atau dimana hidangan yang disajikan di meja panjang. Semua makanan masih segar langsung didatangkan dari laut atau gunung. Ikan panggang dengan saus khusus adalah menu favorit di sini, ditemani sayur kangkung yang segar dan renyah.
Salah satu hidangan favorit adalah bubur manado, atau tinu'tuan. Makanan sehat yang harus dicoba di pagi hari. Bahan dasarnya adalah bubur beras, dicampur sayur kangkung, bayam dan jagung. Dimakan dengan ikan asin pedas, saus tomat ala Manado, makanan lezat ini akan memberikan energi sepanjang hari.
Banyak makanan Manado dimasak dalam tabung bambu, baik daging atau beras. Coba nasi jaha yang terbuat dari ketan dengan saus kelapa, lalu dimasak dalam tabung bambu di atas nyala api. Hidangan lainnya adalah daging sapi, ayam dan babi. Akan tetapi, hati-hati, makanan Manado terkenal pedas.
Makanan penutup favorit di Manado adalah: klappertaart atau bungkil kelapa, jenis kue warisan dari Belanda. Kue manis dan lembut, diisi dengan irisan besar daging kelapa. Untuk informasi rinci tentang Manado dan Sulawesi Utara, hubungi Dinas Pariwisata Sulawesi Utara di PO Box 1253, Manado, Tel. 620431-857637, atau klik www.north-sulawesi.com

KOTA MANADO                     
Manado on the map

Foto







Tips

Berikut beberapa agen perjalanan yang dapat menjadi referensi Anda mengunjungi Kota Manado.
PT Khardina
Jl. Maesa No. 54 Manado 95128
Telp. 0431 861221, 873811
Fax. 0431 860010
Email: khardina@yahoo.com

PT Klabat Wisata Tour & Travel
Jl. Walanda Maramis No.96 Manado 95122
Telp. 0431 867464, 8677647
Fax. 0431 852065
Email: klabatwisata@yahoo.com

PT Step Tour & Travel
Jl. Lumimuut No. 4 Manado 95115
Telp. 0431 850572
Fax. 0431 850571
Email: step@manado.wasanatara.net.id

PT Trampil Tour & Travel
Jl. Dr. Sutomo Manado (Wanea Plaza Building)
Telp. 0431 852222, 851124
Fax. 0431 862940

PT Travisata Abadi Tour & Travel
Jl. Diponegoro No. 1A Manado 95111
Telp. 0431 860668
Fax. 0431 862817

PT Utama Aman Tour & Travel
Jl. Walanda Maramis Manado 95112
Komp. President Shopping Centre

Vastour Express Tour & Travel
Jl. A. Yani No. 5 Manado 95113
Telp. 0431 852525, 856613, 847400
Fax. 0431 847700
Email: vastourexpress@yahoo.com

Virgo Express Tour & Travel
Jl. Sarapung No. 23 Manado 95112
Telp. 0431 858609, 858610
Fax. 0431 858603, 874837
Email: virgo.travel@yahoo.com

Vytin Tour & Travel
Jl. Tikala Ares II No. 9 Manado 95124
Telp. 0431 863508, 852061
Fax. 0431 867059

Berkeliling

Berkeliling

Anda dapat memaanfatkan taksi untuk berkeliling Kota Manado. Ada beberapa armada yang beroperasi di sini seperti Blue Bird, Celebrity Taksi, Cender Taksi, Dian Taksi, Indra Kelana Taksi, Kokapura Taksi dan Trust Taksi. Bus umum juga tersedia untuk melayani perjalanan antar kota seperti dari Manado ke Tomohon, Manado ke Bitung, Tomohon ke Tondano dan seterusnya.
Kondisi Manado sendiri secara umum akan mengalami kemacetan pada jam pulang kerja antara pukul 16.00-19.00. Apabila ini terjadi Anda dapat menggunakan alternatif ojek. Sewa mobil di Kota Manado pun tergolong mudah karena sudah banyak jasa travel yang memfasilitasinya.

Transportasi

Bandara internasional Sam Ratulangi Manado menerima pesawat-pesawat besar. Batik Air melayani penerbangan ke Jakarta dan Makassar. Garuda Indonesia melayani penerbangan ke Surabaya, Balikpapan, Denpasar, Jakarta, Makassar dan Ternate. Lion Air menghubungkan Manado dengan Balikpapan, Denpasar, Jakarta, Makassar dan Surabaya. Silk Air terbang ke Singapura. Sriwijaya Air melayani rute Manado ke Ternate dan terdapat pesawat-pesawat kecil seperti Wings Air dan Xpress Air yang melayani rute ke Melangguane, Luwuk, Tahuna serta Tobelo
Newest
Previous
Next Post »